Cara membeli saham

Jual beli saham saat ini menjadi salah satu aktivitas yang begitu populer dan dianggap menguntungkan. Tren investasi saham dan aktivitas jual beli di kalangan masyarakat juga terus meningkat. Ditambah lagi kini tersedia beragam jenis aplikasi trading saham yang mudah untuk diakses. Cara membeli saham pun terasa jadi semakin mudah berkat munculnya fasilitas yang lengkap dan fleksibel diakses secara online.

Petunjuk Pembelian Saham

Bagi para pemula, penting sekali untuk memahami dengan baik bagaimana prosedur pembelian saham yang benar. Pada dasarnya prosedur pembelian saham tidaklah sulit. Berikut ini urutan langkah-langkah pembelian saham:

1. Pilih Sekuritas yang Tepat

Pertama, pilihlah dulu perusahaan sekuritas yang beroperasi secara legal. Perusahaan sekuritas inilah yang nantinya akan membantu Smart People untuk terhubung dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) sehingga pembelian saham bisa dilakukan. Saat ini, perusahaan sekuritas juga sudah menyediakan aplikasi mobile yang mempermudah para investor dalam melakukan jual beli saham.

2. Buat RDN

Selanjutnya silahkan buat dulu RDN atau Rekening Dana Nasabah. Melalui RDN inilah nantinya Smart People akan menyetorkan dana deposit yang dipakai sebagai modal untuk membeli saham. RDN juga menjadi akun yang akan digunakan untuk menyimpan uang imbal hasil investasi atau jual beli saham. Pembuatan RDN mudah saja, bisa langsung ke aplikasi mobile dari sekuritas yang sudah dipilih.

3. Tentukan Pilihan Saham

Jika sudah memilih sekuritas yang tepat dan membuat RDN, maka langsung saja tentukan mana saham yang akan dibeli. Penentuan jenis saham yang akan dibeli ini sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Pastikan bahwa saham tersebut benar-benar potensial dan memang punya stabilitas harga yang bagus di pasar.

4. Lakukan Pembelian

Langsung saja lakukan pembelian jika sudah merasa yakin dengan sebuah saham. Pembelian saham saat ini mudah sekali untuk dilakukan lewat aplikasi. Cukup klik nama saham yang akan dibeli kemudian tekan opsi beli yang tersedia. Nantinya akan muncul pilihan harga beli yang diinginkan. Cukup klik saja dan tunggu sampai ada penawaran dengan harga yang cocok.

Aplikasi Trading Saham yang Direkomendasikan

Setelah memahami cara membeli saham, mari cari tahu aplikasi apa saja yang bagus digunakan untuk transaksi jual belinya. Berikut adalah beberapa aplikasi trading saham yang direkomendasikan:

1. RHB Tradesmart

Pilihan pertama ada RHB Tradesmart yang kini dikenal sebagai salah satu sekuritas paling kokoh di tanah air. Aplikasi ini menghadirkan banyak fitur yang lengkap dan sangat mempermudah pengguna untuk trading saham. Selain sudah terdaftar secara resmi dan legal, RHB juga memiliki pemberlakuan fee transaksi yang terjangkau. Fee pembelian hanya 0,25% dan fee penjualan hanya 0,35%.

RHB dinilai cocok untuk Smart People yang saat ini sedang ingin memulai jual beli saham. Di aplikasi tersebut sudah ada data pasar secara real time yang akan menunjukkan pergerakan harga secara akurat. Selain itu tersedia pula fitur ARO (Assisted Robo Optimization) yang sangat membantu para pemula untuk melakukan transaksi saham dengan mudah dan minim kesalahan.

2. Stockbit

Rekomendasi berikutnya adalah Stockbit. Aplikasi ini juga tak kalah populer dan sudah banyak digunakan oleh para investor untuk melakukan jual beli saham dengan cepat. Bermula dari sebuah forum diskusi investor saham, Stockbit kini telah mengalami banyak perubahan.

Banyak fitur menarik yang disediakan oleh Stockbit dan dinilai cocok untuk para pemula. Mulai dari adanya forum diskusi yang mudah diakses hingga fitur belajar saham yang memang disediakan untuk membantu pemula menguasai bidang ini. Terjamin aman, karena Stockbit juga sudah terdaftar secara legal.

3. IPOT

Trading saham juga bisa dilakukan melalui IPOT (Indo Premier Online Technology). Aplikasi ini juga banyak diandalkan oleh para investor saham di Indonesia. Di sini terdapat fitur Robo Trading dan Fund Evaluator yang ternyata sangat efektif untuk mengotomatisasi instruksi jual beli saham. Pemula juga tak perlu pusing karena fitur tersebut memungkinkan penentuan pilihan saham lebih efisien.

Pengguna IPOT juga merasa diuntungkan berkat tidak adanya aturan minimal deposit yang diberlakukan oleh platform ini. Pengguna pun bisa merasa terbantu karena di dalamnya tersedia Charting Stock & Fund yang lengkap. Berita pasar terbaru juga mudah untuk diakses sehingga aktivitas jual beli saham lebih efektif.

4. Ajaib

Berikutnya ada Ajaib yang juga jadi salah satu aplikasi trading saham populer di kalangan anak muda masa kini. Popularitas Ajaib memang meningkat tajam sejak investasi dalam bentuk saham semakin diminati. Aplikasi ini menawarkan fasilitas yang mudah diakses dengan desain interface yang sangat user friendly.

Melalui Ajaib, Smart People bisa melakukan jual beli saham dengan mudah. Biaya administrasi transaksinya juga relatif terjangkau. Modal minimal investasi juga sangat murah, cocok sekali bagi pemula yang ingin menggunakan modal kecil untuk belajar berinvestasi.

5. Bibit

Investor saham tanah air juga pasti mengenal aplikasi Bibit dengan sangat baik. Bibit ini menjadi salah satu platform yang banyak direkomendasikan untuk para pemula. Hampir sama seperti Ajaib, Bibit juga menghadirkan interface yang user friendly sehingga cocok sekali bagi Smart People saat ingin mencoba belajar lebih jauh mengenai dunia saham.

Biaya modal untuk berinvestasi lewat Bibit juga cenderung terjangkau. Cocok untuk anak muda yang tidak punya modal besar namun ingin coba jual beli saham. Aplikasi ini juga sudah terjamin legal dan begitu populer digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Kini Smart People sudah paham bagaimana cara membeli saham dan aplikasi apa saja yang direkomendasikan. Pastikan untuk memilih dengan cermat aplikasi mana yang legal dan mudah untuk diakses. Jangan lewatkan tahap analisis teknikal dan fundamental demi hasil yang optimal.

By bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *